Entri Populer

Sabtu, 26 November 2016

Bahasa Pemrograman dan Perannya (Tugas PSTI)


Ø Bahasa Pemrograman
1.     Algoritma
Pengertian algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis.
2.     Syntax
Syntax adalah kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa. Syntax mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan/urutan dari pemilihan suatu kata dasar. 
3.     Inteprenter
Intepreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut.
4.     IDE
   IDE(Integrated Development Program) adalah aplikasi yang digunakan dalam membuat sebuah program. Tujuan dari IDE adalah menyediakan utilitas yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan suatu program. Ada berbagai macam IDE yang tersedia untuk umum, contoh Code::Blocks, Dev-C++, Codelite, dan masih banyak lagi. Umumnya IDE dapat dijalankan dengan berbagai OS yang mendukungnya, seperti Windows, Mac OS, dan Linux.
Ø Model Pemrograman
1.     Struktural
Model pemrograman struktural dapat dibagi menjadi dua yaitu:
a.     Fungsi adalah suatu bagian dari program yang dirancang untuk melaksanakan tugas tertentu dan letaknya  terpisah dari program program utamanya. Pada umumnya fungsi memerlukan nilai masukan atau parameter untuk me-return nilainya.
b.     Prosedur  adalah suatu program terpisah yang berada dalam blok sendiri yang memiliki fungsi sebagai subprogram atau program bagian. Prosedur dapat digunakan untuk mempersingkat program yang melakukan proses yang sama berulang kali. Contoh: pascal, C
2.     Object Oriented
Model pemrograman Object Oriented dapat dibagi dua yaitu:
a.     Object adalah instance dari class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
b.     Class merupakan suatu “Blueprint” atau “Cetakan” untuk menciptakan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behavior dan relasi ke object lain. Contoh: Java(JZEE, JZSE, JZME, Python)
Ø Peranan
1.     Jaringan Komputer: Socket Programing
Socket Programing adalah Socket adalah sebuah Class yang disediakan oleh beberapa bahasa pemrograman. Dengan socket, tentu saja aplikasi di komputer yang dihubungi menerima koneksi juga menggunakan socket. Dengan kata lain socket adalah suatu Class yang digunakan oleh aplikasi untuk saling berhubungan.
2.     Data Base: DBC
DBC (Data Base Countainer) adalah ekstensi file untuk database yang file yang digunakan oleh Microsoft Visual FoxPro. File DBC berisi data yang nama dan lapangan yang digunakan oleh Microsoft Database Visual FoxPro. File DBC dapat dibuka dengan Microsoft Visual FoxPro.
3.     Internet of Things
Internet of Things(IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.
4.     Cloud Computing
Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau client seperti desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.
5.     Intelligent Transportation System(ITS)
Intelligent Transportation System pada prinsipnya adalah penerapan teknologi maju di bidang elektronika, komputer dan telekomunikasi untuk membuat prasarana dan sarana transportasi lebih informatif, lancar, aman dan nyaman sekaligus ramah lingkungan.
6.     Pararel Computing
Pararel Computing atau komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll.
7.     Bio Informatika, E-health
Bioinformatika adalah salah satu cabang baru ilmu biologi yang merupakan perpaduan antara biologi dan teknologi informasi. Menurut Durso (1997) bioinformatika adalah manajemen dan analisis informasi biologis yang disimpan dalam database. Ilmu ini mengajarkan aplikasi, analisis, dan mengorganisir miliaran bit informasi genetik dalam sel mahluk hidup. Studi bioinformatika terutama didukung uleh studi genomik, biologi komputasi, dan teknologi komputer.
Oleh karena itu adanya E-health sebagai pemanfaatan internet dan teknologi yang berhubungan dengannya dalam  industri pelayanan kesehatan guna meningkatkan akses, efisiensi, efektifitas dan kualitas dariproses klinis dan bisnis yang dijalankan organisasi pelayanan kesehatan, para praktisi, pasien dan konsumen dalam rangka peningkatan status kesehatan pasien(Healthcare Information and Management)
Ø Tips Pemrograman
1.     Pahami algoritma
Memahami algoritma dari suatu program dapat memudahkan kita untuk membuat code suatu program tersebut.
2.     Kuasai Syntax
Menguasai syntax sangat dibutuhkan agar kita mengerti program seperti apa yang akan kita buat nantinya.
3.     Pahami model pemrograman
Memahami model pemrogaman sangat perlu. Kalian harus mengetahui apakah modelnya Fungsi atau Prosedur.
4.     Berlatih
Berlatih membuat program-program sederhana perlu dilakukan untuk membuat tangan kita lihai dalam mengetik code dan juga mempertajam ingatan kita.
5.     Studi kasus sehari-hari
Studi kasus diperlukan untuk mengingat-ingat program apa yang telah kita buat dan juga untuk menghafal code-codenya.
6.     Aktif dalam pengembangan
Aktif dalam pengembangan dengan maksud kita bisa mengikuti bahasa pemrograman apa yang baru atau yang popular saat ini dengan searching di internet atau dengan membaca buku.
Ø  Security
1.     Kesalahan algoritma
2.     Buffer overflow
Ø Tingkat Pemrograman
Tingkat pemrograman ada dua yaitu:
a.     Tingkat Tinggi yaitu pemrograman yang mudah dimengerti manusia dan mudah dipelajari (pascal, C, Java)
b.     Tingkat Rendah adalah pemrograman yang cukup sulit dimengerti manusia karena menggunakan bahasa mesin(Bahasa Assembly, C(stack))

----Sekian Intro Bahasa Pemrograman yang dapat saya jabarkan, semoga membantu J-----








Tidak ada komentar:

Posting Komentar